Home » » 5 Ide tempat wisata di Cianjur

5 Ide tempat wisata di Cianjur

Halo sahabat May Wisata , ini merupakan artikel pertama saya di blog sederhana ini semoga dengan kehadirannya bisa bermanfaat bagi anda semua terutama yang suka mengunjungi tempat-tempat wisata baik solo traveler ataupun rombongan .
Nama kota Cianjur memang sudah tidak asing lagi kita dengar bahkan merupakan tempat kelahiran saya sendiri di sini , karena hobinya adalah mengunjungi tempat-tempat menarik untuk dikunjungi maka saya paparkan sebagian kecil dari pesona yang dijuluki sebagai kota santri ini.
Perlu di ketahui , wilayah Cianjur berada diantara kota-kota penting di Jawa Barat yaitu Bandung , Sukabumi , Bogor dan Garut anda bisa mengunjunginya di dalam ensiklopedia bebas wikipedia.org .
Selain lokasinya yang sangat strategis , udara dan keadaan alam pesona Cianjur menjadi daya tarik tersendiri sebagai tujuan wisata alam , kuliner, budaya , seni ,agama bahkan keluarga .
Berikut ini adalah 5 ide tempat wisata di Cianjur yang bisa saya rekomendasikan .

1. Situs Gunung Kasur

foto gunung kasur cipanas

Berada diantara Desa Cibodas dan Gadog atau 1 Km dari Istana Cipanas , merupakan salah satu objek wisata sejarah yang menjadi rujukan kebanyakan orang . Walaupun tidak terlalu terkenal bagi sebagian umum namun bagi akademisi tempat ini menjadi ladang untuk objek penelitian ilmiah terutama bidang sejarah dan peradaban .
Objek gunung kasur sendiri terletak di atas sebuah bukit dimana diarena-nya berupa batu-batu yang terhampar banyak yang sudah berusia ratusan tahun . Selain itu , ada juga objek wisata ziarah berupa makam penghulu kota Cianjur yaitu Mbah Jeprah ( Habib Ja'far ali Al-Attas ) yang sudah berusia lebih dari 500 tahun serta makam-makam lainnya. Anda mau mengunjunginya ? call me donk ,,hehehhe
Nama gunung kasur diambil dari nama batu yang ada di area tersebut berbentuk kasur beserta gulingannya yang unik . Seiring berjalannya waktu , tempat ini dijadikan sebagai situs warisan budaya oleh pemerintah daerah yang wajib dirawat dan dilestarikan .
Selain di lihat dari objek sejarahnya , tempat ini juga sangat indah jika dilihat dari keindahannya berupa pemandangan kota Cipanas , Green Apple , Kota Bunga dan hamparan sawah yang hijau serta udara yang sangat sejuk.
Di tempat ini juga anda bisa mengunjunginya secara gratis , adapun kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya adalah ziarah , camping atau sekedar mencari sensasi udara khas pegunungan.
Alamat : Jl. Gadog , Cipanas.

2. Taman Cibodas Raya

taman cibodas cipanas

Merupakan sebuah taman yang dijuluki sebagai taman firdaus di Asia , memang sih semua orang sudah banyak tahu dengan tempat ini . Lokasinya berada di kaki gunung Gede  Pangrango menjadi objek wisata yang wajib anda kunjungi sebagai arena bermain , bersantai ataupun kegiatan komersil seperti shooting . Areanya yang cukup luas mampu menampung banyak wisatawan ,jajaran kuliner dan fashion bertebaran di hampir semua jalan pintu masuk , yang paling menarik dari objek ini pengunjung dapat bersantai ria bersama keluarga ataupun pasangan diatas taman yang hijau , bunga - bunga indah ,10.791 jenis tanaman , 710 jenis biji-bijian , 4850 koleksi Herbarium  , Bunga Bangkai dan udara yang menusuk kulit .
Objek wisata ini terletak sekitar 7 km dari pusat kota Cipanas , 10 km dari kawasan Puncak yang dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan kecuali helikopter yah ,,heheh
Alamat : Jl. Raya Cibodas Cipanas

3. Istana Cipanas
istana cipanas cianjur

Merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda , dari dulu hingga sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat persinggahan ataupun acara pertemuan kepala pemerintah . Bangunan utamanya berupa arsitektur zaman dahulu yang megah terbuat dari kayu yang kuat , didalamnya terdapat berbagai peninggalan sejarah seperti lukisan Soekarno , lukisan seribu sudut , kamar singgah Soekarno , piagam-piagam  , alat-alat dapur , senjata dan lainnya yang dirawat dengan baik .
Untuk mengunjunginya anda wajib melapor terlebih dahulu ke petugas yang dilengkapi dengan KTP yang dibuka setiap hari untuk umum ataupun pelajar dan mahasiswa..
Lokasi : Pusat kota Cipanas / samping pasar Cipanas atau 9 km dari kawasan puncak .
4. Waduk Jangari

pemandangan waduk jangari

Untuk menghilangkan kepeningan hiruk pikuh kehidupan kota maka bagi anda yang memiliki hobi memancing maka waduk jangari menjadi solusinya . Pasalnya waduk ini menjadi objek wisata yang menarik untuk dicoba , sebagian besar wilayahnya digunakan masyarakat sebagai kolam pancing dan penangkaran ikan seperti gurame , mujair dan ikan mas . Selain arena memancing , di sini juga banyak pedagang kuliner khas sunda seperti nasi liwet beserta ikan yang langsung diambil dari penangkarannya dilengkapi dengan lesehan dan udara yang sejuk .
Sepanjang tatapan mata anda akan melihat banyaknya para penangkar ikan yang berkeliaran diatas perahu kecil yang unik dan menambah keindahannya.
Lokasinya sekitar 15 km dari pusat kota Cianjur melewati Jalan Bandung - Cianjur atau tepatnya di Kecamatan Mande , Cianjur 43253 .
5. Ayam Pelung , Bunikasih


foto ayam pelung cianjur


Anda pasti sudah mengenal dengan ayam yang alunan suaranya yang panjang dan merdu ini kalau bukan ayam pelung ? . Yups , ayam asli Cianjur ini menjadi daya tarik tersendiri .
Ayam Pelung memiliki postur tubuh yang besar ,pial dan jenggernya yang panjang . Makin hari ayam pelung ini banyak diminati masyarakat lokal ataupun mancanegara , selain suaranya yang merdu dan panjang , harga setiap ekornya pun lumayan pantastis hingga menjacapai ratusan juta .

Asal muasal adanya ayam pelung ini ketika salah seorang kiayi Soheh 100 tahun silam ( kalau tidak salah ) yang memelihara ayam ini akan tetapi berbeda dari ayam lainnya dimana hanya satu-satunya yang memiliki suara yang merdu dan panjang . Karena saking unik dan menarik maka empunya memelihar hingga besar dan mengawinkannya dengan ayam kampung lainnya sehingga jumlahnya sangat banyak .
Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi daerah Bunikasih , kecamatan Warungkondang . Disana anda dapat melihat peternakan ayam pelung secara langsung bahkan tiap tahunnya selalu diadakan kontes yang diikuti oleh pecinta hewan setanah air .
Itulah 5 Ide tempat wisata di Cianjur yang bisa anda manfaatkan dalam mengisi waktu liburan , semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya !!!.
Situs resmi pemerintahan Cianjur : www.cianjurkab.go.id

3 comments:

  1. Istana cipanas aja yang udah mudah-mudahan tempat lainnya bisa saya singgahi lain waktu.

    kang juga maen juga dong ke Sukabumi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha .... Blm ada duitnya akang , cianjur juga belum ke garap semua ...

      Delete