Home » , » Jawa Tengah , tempat sejuta pesona wisata lintas budaya

Jawa Tengah , tempat sejuta pesona wisata lintas budaya

Halo sahabat May Wisata , kali ini saya akan ulas sedikit tentang Jawa Tengah yang merupakan jantungnya keanekaragaman di pulau Jawa .
borobudur ikon jawa tengah


Walaupun saya pribadi belum pernah berkunjung ke sana tapi artikel ini semoga bisa menjadi bahan informasi yang mungkin sedang anda butuhkan sebagai traveler .

Untuk lebih jelasnya anda dapat menelusurinya dengan bantuan Wikipedia yang merupakan ensiklopedia bebas terbesar di dunia saat ini .

Provinsi Jawa Tengah ( Jateng ) dengan ibukotanya adalah Semarang memiliki luas wilayah sekitar 32.548 km2 yang mencakup lahan pertanian , peternakan dan hutan tropis .

Penduduknya sekitar 39.298.887 orang dengan komposisi wanita lebih dominan dengan 19.989.547 wanita dan 19.281.140 pria .
Central Java telah berdiri pada masa Hindia Belanda namun secara resmi berdiri pada 15 Agustus 1950 dengan ibukotanya Semarang .

Suku-suku yang mendiami wilayah Jateng diantaranya adalah Jawa , Samin, Kangea , Karimun , Sunda dan Tionghoa yang sangat akrab dengan masyarakatnya sehingga dapat kita jumpai para warga Tionghoa yang umumnya pedagang menggunakan bahasa Jawa yang kental .

Hal inilah menjadikan Jateng sebagai pusat etnis di Indonesia sehingga wajar dijadikan sebagai tujuan wisata yang memiliki objek-objek menarik untuk dikunjungi .


Sebagai wilayah  Multikultural , atraksi wisata budaya , ras , agama , seni dan pendidikan tercakup menjadi satu yang harmonis diantara masyarakatnya . Rasa kebersamaan dan toleransi menjadi nilai yang dijunjung tinggi sehingga ketertiban dan keamanan tetap terjaga .


Selain sebagai objek wisata budaya , beberapa peninggalan sejarah pun sangat banyak dan bisa dikunjungi seperti Keraton Surakarta , Candi Borobudur , Museum Kereta Api Ambarawa , Museum Batik di Pekalongan dan Museum Ronggowarsito di Semarang .


Lalu bagaimana dengan kulinernya ? Yang namanya makan-makan pasti selalu di bahas bagi wisatawan terutama makanan yang unik tapi murah meriah .

Yang penting kenyang !!!. Karena banyaknya etnis yang di terima masyarakatnya , berbagai masakan khas daerah , lokal ataupun lintas tradisi dapat dijumpai oleh anda terutama di pusat - pusat kota yang tersebar di tiap sudut . Yang pasti anda pilih makanan yang halal dan baik ya .


Cara pencapaian daerah-daerah di Jateng, anda dapat menggunakan transportasi udara yang dilayani oleh berbagai armada penerbangan seperti Garuda Indonesia .

Sedangkan pencapaian jalur darat dapat dilakukan dengan armada bus antar kota ataupun antar provinsi yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa atau anda menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua .


Yang patut anda perhatikan tetap jaga keselamatan , sholat dan tentunya uang yang cukup saat liburan ke sana ya .

4 comments:

  1. saya juga bangga juga karena saya adalah orang jateng asli. Bangga deh...

    ReplyDelete
  2. Ditambah lagi gan artikelnya biar makin joss gan

    ReplyDelete
  3. Cukup banyak juga penduduknya, tapi di jawa tengah sendiri ada pendatang dari kota lain ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah jelas kang, buktinya banyak pedagang yang datang dari daerah lain ...

      Delete